Minggu, 16 April 2017

Program Exchange Student (SMP dan SMA)


ACIKITA SHORT STUDIES TO JAPAN (ASSJA)

Program ACIKITA Exchange Student

 

Program Belajar di Sekolah Jepang, bagi Murid SMP dan SMA di Indonesia (Program Pertukaran Pelajar). 

 Tujuan Kegiatan

Untuk mensupport kemajuan bagi anak-anak kita, ACIKITA telah merintis kerjasama dengan pemerintahan di Kobe. Alhamdulillah mereka memberikan kesempatan belajar di sekolah-sekolah di Propinsi Hyogo secara gratis. Jadi anak-anak dari Indonesia bisa merasakan bagaimana menyenangkan belajar dan mengikuti semua program di sekolah Jepang, dengan fasilitas sekolah yang sangat lengkap. Di Jepang wajib belajar hanya selama 9 tahun (SD-SMP), artinya untuk sekolah di SMA tidak gratis, tapi mereka mau membebaskan biaya untuk anak-anak SMA dari Indonesia. Subhanallah.

 
Semoga bisa terwujud kerjasama antar sekolah antar negara, dan tentunya melalui pengalaman yang dirasakan anak ,akan mewarnai pendidikan di Indonesia. InsyaAllah

 

Program :

  1. Setiap hari anak-anak belajar di sekolah negeri di Jepang sesuai usia anak. Sekolah Jepang tidak mengenal percepatan, tapi anak belajar sesuai umur. 
  2. Anak-anak akan mengikuti club, mulai dari club seni, musik, menggambar, dan beragam olahraga sesuai minat setiap anak.
  3. Anak akan ikut serta dalam beragam acara spesial di sekolah sesuai program sekolah.
  4. Anak-anak akan mengikuti pelajaran bahasa Jepang, untuk bisa membantu komunikasi lebih cepat.
  5. Program visit dan tour sesuai jadwal, mulai dari musium sains dan teknologi, pelatihan menghadapi gempa dan tsunami, visit universitas, dll di daerah Kobe, dan Osaka. 
  6. Materi pelatihan menulis, kepemimpinan, kajian agama Islam, cinta tanah air dan tanggung jawab mengisi kemerdekaan. Materi akan diberikan oleh expert Indonesia sesuai bidangnya. 
  7. Materi pelajaran di sekolah Indonesia akan dimonitor untuk mereka yang mengikuti pertukaran pelajar selama 6 bulan sampai setahun. 
  8.  
Persyaratan : 

1. Peserta harus mendaftar via  e-mail asapacikita@gmail.com atau WA +81-80-3333-1327 dengan mengirimkan informasi nama/alamat/alamat sekolah/email/HP/.

 

2. Program ini boleh diikuti oleh pelajar SMP dan SMA. Program bisa dilakukan 1, 3, 6 bulan dan 1 tahun. 

 

3.Peserta harus bisa berbahasa Inggris dan bisa berbahasa Jepang sederhana.

4. Peserta harus membuat satu halaman tulisan berbahasa Inggris, mengapa tertarik mengikuti program ini, dan harapan apa yang diinginkan.

 

 

Biaya Kegiatan

 

Untuk semua kegiatan di sekolah, mulai dari kegiatan belajar hingga beragam aktivitas club dan pelajaran tambahan, semuanya gratis. Anak-anak dari Indonesia akan belajar bersama anak anak Jepang. Pelajaran seni, musik, keterampilan, olahraga, bahasa Inggris serta beragam acara lainnya dapat dengan mulus bisa diikuti anak anak Indonesia. Mungkin pelajaran bahasa Jepang, IPA, IPS dan matematika akan susah, tapi kegiatan visit yang diadakan sekolah bisa diikuti semuanya. Untuk pelajaran yg tidak bisa diikuti, murid-murid dari Indonesia bebas memilih apakah tetap ingin di dalam kelas atau belajar pelajaran dari Indonesia di perpustakaan sekolah. 

 

Kecuali untuk kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah dan kegiatan menginap, setiap murid harus membayar sesuai biaya yang ditetapkan sekolah. 

 

Peserta harus membayar biaya pendaftaran di ACIKITA, biaya pengurusan visa dan biaya living cost serta transportasi selama di Jepang sebagai berikut :

 

Biaya yang harus dibayarkan untuk 1 bulan (Yen) 220,000

Biaya untuk bulan berikutnya, meliputi sewa tempat tinggal, biaya makan dan transportasi (100,000 yen). Biaya ini sudah biaya maksimal.





Pendaftaran
1. Peserta harus mendaftar vis email asapacikita@gmail.com atau WA +81-80-3333-1327 atau +62-896-1080-9475.
2. Pendaftaran &pelunasan biaya maksimal 2 bulan sebelum keberangkatan (DP 30% saat pendaftaran). Rekening ACIKITA : Bank Mandiri Cabang Kota Wisata Cibubur, No rek : 133-00-1410382-4.
3. Bukti transfer dikirimkan pada salah satu no HP di atas.



Fasilitas

1. Undangan masuk Jepang dan jaminan keberadan di Jepang.
2. Pengurusan VISA.
3. Panduan dan aturan hidup dan visit Japan.
4. Instruktur dan guru pendamping berbahasa Indonesia.
5. Penginapan.
6. Workshop Rahasia Kemajuan Bangsa Jepang.
7. Sertifikat kegiatan
8. Buku-buku terbitan ACIKITA.
9. Pengurusan dan biaya kegiatan visit, serta tour di Jepang.
10. Asuransi kesehatan dan gaet berobat pada saat sakit dan harus ke rumah sakit.  
11. Experience : menggunakan kimono koleksi ACIKITA.


Catatan

1.    Bila anak bisa memasak sendiri maka biaya makan bisa lebih murah, tapi kalau memesan makanan sedikit lebih tinggi harganya.


2.    Biaya yang dibayarkan sendiri (pesawat bisa memilih sesuai yang diinginkan).  Tiket pesawat Garuda 7 - 8 juta, tiket Air Asia pp 3 - 4 juta. 

3.    Pembayaran DP 30% dilakukan pada saat pendaftaran dan pelunasan maksimal 2 bulan sebelum keberangkatan (25-27 Maret 2017). Dana dapat ditransferkan ke rekening mandiri ACIKITA, No rek : 133-00-1410382-4

4.    Bila dana sudah ditransferkan mohon hubungi kami :

          Jumiarti Agus : +81-80-3333-1327

          Atau Rahmiwati : +62-878-7079-4744

 

 

Seleksi

Seleksi meliputi : seleksi berkas, potensi tambahan yang dipunyai murid, moral dan etika, serta kemampuan berbahasa Inggris. 

 

 

Waktu Kegiatan 

Program ini dilaksanakan setiap April dan Juni setiap tahunnya. Pendaftaran bisa dilakukan setiap saat. 

 

 

Penginapan 

Penginapan bukan hotel, anak-anak akan menginap bersama di satu rumah Jepang. Laki laki dan perempuan di pisah dan setiap group di dampingi oleh guru pendamping. Harga di atas adalah adalah harga paling murah, tetapi klu ternyata penuh, mungkin saja harus memilih penginapan yang sedikit lebih mahal.



 

Devisi ASSJA (ACIKITA Short Study to Japan).

ACIKITA JAPAN : KOBE-SHI, KITA-KU, HIYODORIDAI 3-9-121,101. +81-80-3333-1327. ACIKITA INDONESIA: KOTA WISATA SALZBURG SA I No 8, KOTA WISATA CIBUBUR, +62-878-7079-4744. E-mail: asapacikita@gmail.com
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar